Jumat, 21 Oktober 2011

0 Wayan Never Die

               Saya bersyukur masih diberi kesempatan untuk menceritakan sedikit karya tulis saya yang bertema Penduduk,Masyarakat dan Kebudayaan. Kebuyaan di indonesia bermacam-macam mulai dari Sabang hingga sampai Merauke, beragam jenis budaya tersebar hingga sampai pelosok indonesia sampai-sampai negara tetangga hampir saja mengclaim budaya asli kita menjadi budaya asli negara mereka, seperti batik yang hampir saja di claim oleh negara tetangga untung saya pemerintahan indonesia cepat bertindak dan mendaftarkan Batik merupakan budaya asli indonesia.
                Di sini saya akan menceritakan sedikit tentang kebudayaan indonesia yang sangat terkenal sampai mancanegara yaitu Wayang, wayang sangat bermacam-macam mulai dari wayang kulit,wayang orang dan lain-lain.Kebanyakan wayang lebih di sukai oleh penduduk di pulau jawa karena ceritanya menggunakan bahasa jawa dan yang paling terkenal budaya wayang di indonesia adalah wayang kulit, mulai dari ceritanya yang menggunakan bahasa jawa hingga sindennya, yang membuat pertunjukan wayang sangat menarik untuk disaksikan.



                Hingga saat ini pertunjukan wayang hanya di pandang sebelah mata oleh masyarakat jaman
sekarang, mulai bermuculan budaya-budaya asing yang lebih modern dibandingkan dengan budaya asli indonesia. Walaupun hanya sebagian kecil masyarakat yang lebih suka menyaksikan pertunjukan wayang di bandingkan dengan musik-musik rock,pop dan lain-lain.
                Apa pandangan masyarakat sekarang terhadap wayang, hingga sekarang wayang jarang sekali di tayangkan di media-media televisi atau secara langsung, walaupun aku gak terlalu ngerti tentang cerita wayang tapi aku ingin menghargai budaya indoesia agar tidak hilang sampai berkembangnya jaman, saran saya si boleh kalian menyukai budaya barat/budaya asing asalkan jangan melupakan sendiri budaya yang ada di sekitar kita terutama wayang yang sudah jarang sekali kita saksikan tidak menghilang nilai budayanya.



Kesimpulan dari cerita di atas : besar kecil nilai budaya suatu daerah tergantung dari penduduk dan masyarakat yang menaggapi budaya tersebut dan rawat lah titipan budaya dari nenek moyang kita.

0 komentar:

Posting Komentar

Bayu Nurcahyanto. Diberdayakan oleh Blogger.